Tuesday 23 January 2018

PIDATO KESEHATAN TENTANG BAHAYA MINUMAN SODA



BAHAYA MINUMAN SODA
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Selamat sore. Salam sehat untuk kita semua
Terimakasih untuk kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Meskipun saya bukan dokter, ahli gizi, atau petugas kesehatan, saya hanya ingin mengingatkan bahwa kesehatan kita sangat dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi. Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati saat memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi.
Bagi anda pecinta minuman ringan atau minuman bersoda, kenyataan yang satu ini bisa membuat anda berubah drastis untuk harus membenci minuman nikmat yang satu ini. Sekarang ini, banyak sekali minuman ringan yang beredar dipasaran. Mereka hadir dalam kemasan, warna, rasa, dan merk yang berbeda. Namun, taukah anda jika minuman menarik ini hampir tidak punya sisi positif untuk kesehatan kita? Soda, dalam minuman ringan, tidak mempunyai sedikitpun nilai gizi atau nutrisi. Semua yang terkandung di dalamnya hanyalah gula, kafein dan kalori dalam jumlah yang berlebih. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat di sekililing anda. Orang-orang pecinta soda, pasti mempunyai berat badan berlebih atau obesitas.
Hadirin yang berbahagia, perlu kita ketahui bahwa soda dalam minuman ringan bersifat diuretik. Soda akan meningkatkan produksi urin dan membuat kita sering buang air kecil. Jika hal ini tidak diimbangi dengan menkonsumsi banyak air, kita akan mengalami dehidrasi. Minuman soda yang mengandung asam fosfor ini memang akan mengahsilkan sensasi segar saat kita meminumnya. Akan tertapi, gelembung-gelembung udara yang ada di dalamnya, semakin lama akan menggerogoti tulang sehingga menjadi rapuh. Pada tulang, akan terbentuk lubang pori-pori yang akan mengakibatkan kita terserang radang sendi atau osteoporosis. Selain itu, kandungan asam soda yang ada di dalamnya, juga akan merusak gigi kita. Asam soda dan kadar gula yang tinggi akan merusak email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.
Hadirin sekalian yang saya hormati, jika anda pernah merasakan bergas dan mulas atau masalah percernaan lain, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah minuman soda yang anda minum. Hal ini dikarenakan minuman soda bisa menyebabkan erosi pada lapisan lambung. Di samping itu, kandungan natrium yang ada pada soda juga tidak baik untuk kesehatan jantung kita. Bukti penelitian juga menunjukkan bahwa soda bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Mengkonsumsi soda secra terus menerus juga akan menybabkan diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh terlalu tingginya kadar gula yang ada pada soda. Efek kafein yang ada di dalamnya juga akan menimbulkan masalah insomnia, detak jantung yang tidak beraturan, dan tekanan darah tinggi. Bagi ibu hamil, soda bahkan bisa membunuh janin yang anada kandung.
Hadirin yang berbahagia, saat kita tau ternyata soda itu berbahaya bagi kesehatan, sebaiknya kita berusaha mengurangi atau tidak mengkonsumsi soda sama sekali. Hal ini mungkin sulit, tapi tidak ada yang tidak mungkin. Kita bisa mengurangi konsumsi soda secara bertahap, baik itu mengurangi ukuran atau intensitas waktu meminum soda. Jika kita ingin minum soda, campurkan banyak es batu di dalamnya, sehingga kadar soda akan berkurang. Dengan cara ini, jumlah air yang kita minum lebih banyak daripada soda. Selain itu, kita bisa mengganti minuman soda dengan minuman sehat lainnya. Banyak sekali minuman sehat yang bisa kita pilih, seperti just buah, susu kedelai, air putih, atau susu rendah lemak. Setelah kita memutuskan untuk berhenti minum soda, mungkin akan ada efek kecanduan kafein yang kita rasakan, seperti sakit kepala. Untuk mengurangi gejala ini, kita bisa minum secangkir the hijau setiap pagi.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Ada kurang dan lebihnya saya minta maaf. Terimakasih. Tetap sehat dan tetap semangat.

Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh




3 comments:

  1. In this fashion my friend Wesley Virgin's tale launches with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he revealed hidden, "self mind control" tactics that the CIA and others used to get everything they want.

    These are the exact same methods lots of famous people (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You probably know that you only use 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that thought has even occurred INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while riding an unregistered, beat-up garbage bucket of a car with a suspended driver's license and with $3 in his bank account.

    "I'm absolutely frustrated with living paycheck to paycheck! When will I finally make it?"

    You took part in those types of conversations, ain't it right?

    Your own success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD

    ReplyDelete
  2. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    Over 160000 women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "water hack" to burn 1-2lbs each and every night in their sleep.

    It's very easy and works with anybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Hold a glass and fill it up with water half glass

    2) And then use this strange hack

    and you'll be 1-2lbs thinner the very next day!

    ReplyDelete
  3. If you're trying to lose fat then you certainly have to try this totally brand new tailor-made keto meal plan.

    To produce this keto diet service, licensed nutritionists, fitness trainers, and professional chefs have joined together to provide keto meal plans that are efficient, painless, money-efficient, and satisfying.

    Since their first launch in 2019, hundreds of clients have already completely transformed their body and health with the benefits a great keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-certified ones given by the keto meal plan.

    ReplyDelete

MAKALAHKU

MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN

Tugas Individu MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN Oleh ASRIANI 213095 2006 SEKOLAH TINGGI ILMU P...