Saturday 23 December 2017

Klipping SBYK SENI RUPA

Klipping SBYK

SENI RUPA



D
I
S
U
S
U
N

Oleh :

Nama            : ARMI
Kelas             : VIII (Delapan)
Semester       : II (Dua)
Guru             : A. Rosnaeni, S.Ag.




MTs AL-ISTIQAMAH MAJANG
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

A.Seni Rupa Berdasarkan Kegunaannya
1.  Seni rupa Murni
Seni rupa murni adalah suatu cabang seni yang menghasilkan karya dengan fungsinya sekedar untuk dinikmati keindahannya saja.
a.    Lukisan
Pengertian Seni Rupa Murni
Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan melukiskan cat warna ke atas media kanvas (2 dimensi). Lukisan dianggap contoh seni rupa murni karena fungsinya yang sekedar menjadi hiasan dinding atau pajangan.

b.    Seni Grafis
Pengertian Seni Rupa Murni

Seni grafis dapat menjadi contoh seni rupa murni sekaligus seni rupa terapan. Jika ia sekadar digunakan sebagai hiasan, ia termasuk karya seni murni, sedangkan jika kegunaannya diperuntukan sebagai sarana ilustrasi, maka ia termasuk karya seni rupa terapan.

c.    Seni Fotografi
Pengertian Seni Rupa Murni
Jenis seni rupa murni satu ini semakin berkembang dewasa ini. Seiring kemajuan teknologi kamera, fotografi kian diminati oleh banyak kalangan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. Objek-objek yang dipotret menggunakan kamera akan semakin indah jika dipadukan dengan seni yang satu ini.

d.    Patung

Contoh Seni Rupa Murni

Patung adalah contoh karya seni rupa murni 3 dimensi yang bisa dibuat dari bahan berupa batu, logam, kayu, fiber, atau karet. Patung tidak memiliki nilai praktis. Ia hanya digunakan sebagai hiasan atau pajangan belaka.

2.  Seni Rupa Terapan
Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, selain nilai seni (estetika), seni rupa terapan juga memiliki nilai pakai dan bukan hanya sebagai pajangan/hiasan saja.

a.    Seni Bangunan (Arsitektur)
rumah adat Jambi

Seni rupa terapan bisa berwujud bangunan. Biasanya terdapat hiasan di dinding, kusen, pintu, jendela, ornamen, atap, dll. Seni bangunan bisa juga digunakan sebagai tempat tinggal atau tempat ibadah. Contoh seni bangunan antara lain rumah adat, pura, masjid, gereja, vihara, candi, gapura, dll.
b.    Seni Kain
seni kain batik

Seni kain biasa digunakan sebagai pakaian atau sarana upacara. Contohnya adalah batik dan pakaian adat di masing-masing daerah.
c.    Seni Ilustrasi
seni ilustrasi Bung Karno

Seni ilustrasi adalah gambar atau foto yang berfungsi untuk menjelaskan suatu naskah/teks. Gambar pada artikel ini juga termasuk seni ilustrasi. Fungsi dari seni ilustrasi adalah untuk memperjelas maksud dari sebuah teks sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

d.    Seni Kerajinan Tangan
seni kerajinan tangan asbak

Seni kerajinan tangan biasanya digunakan untuk alat kebutuhan sehari-hari. Misalnya asbak, tempat pensil, peralatan dapur, dll.


B.Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya
1.   Seni Rupa Dua Dimensi
Seni rupa dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang memiliki dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan.

a.    Seni Lukis


wisnujadmika.wordpress.com

Seni lukis merupakan pengembangan dari menggambar. Sedangkan melukis adalah aktivitas membuat karya seni rupa dengan cara mengolah medium 2 dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu. Medium lukisan bisa menggunakan kanvas, papan, kertas, dan sebagainya.

b.    Seni Grafis


artsindividu.wordpress.com
Seni grafis merupakan cabang karya seni rupa yang cara pembuatannya menggunakan teknik cetak, misalnya saja poster.

c.    Seni Ilustrasi

internet-terkini.blogspot.com

Seni ilustrasi merupakan suatu karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan isi dari cerita, puisi, tulisan, dan sebagainya.

d.    Seni Kaligrafi
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQVgo3O-UkGLI8Ffg1VBMb8NdyJoGw5ETYQ_rt4jmLc74EFAwa-PqhpyoY

Kaligrafi adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah.
2. Seni Rupa Tiga Dimensi
Seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Seni rupa 3 dimensi ini juga memiliki volume dan menempati ruang.

a.   Patung

www.snipview.com

Patung merupakan suatu karya seni yang terbuat dari benda padat maupun lunak yang memiliki panjang, lebar, maupun tinggi. Biasanya, patung dibuat dengan menyerupai bentuk tertentu.

b.   Seni Kriya

antoksoesanto.blogspot.com
Seni kriya merupakan karya seni yang dibuat dengan menggunakan ketrampilan tangan dengan tetap memperhatikan fungsi dan kegunaan karya tersebut. Seni kriya juga termasuk dalam seni rupa terapan. Karena memiliki fungsi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

c.   Seni Keramik

antoksoesanto.blogspot.com

Seni keramik merupakan cabang dari karya seni rupa yang mengolah material keramik menjadi suatu karya seni.

d.   Seni Arsitektur


rumahminimalisid.blogspot.com

Seni arsitektur merupakan karya seni merancang suatu bentuk dari bangunan. Tidak hanya merancang, tetapi juga membangun suatu bangunan.


No comments:

Post a Comment

MAKALAHKU

MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN

Tugas Individu MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN Oleh ASRIANI 213095 2006 SEKOLAH TINGGI ILMU P...