Saturday 23 December 2017

KLIPPING PEMANASAN GLOBAL

KLIPPING IPA
PEMANASAN GLOBAL
D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
Nama             : Nuraini Jumria
Kelas             : VII B
No. Urut        : 29




MTSN 1 WATAMOPNE
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyajikan laporan tugas Klipping IPA tentang PEMANASAN GLOBAL atau global warming ini.
Seperti yang kita ketahui, bahwa panasnya cuaca makin banyak bencana alam dan fenomena-fenomena alam yang cenderung semakin tidak terkendali. Mulai dari banjir, angin putting beliung, semburan gas, hingga curah hujan yang tidak menentu dari tahun ke tahun.
Sadarilah bahwa hal itu semua adalah dampak negatif dari pemanasan global yang menunjukan bahwa planet kita tercinta sedang mengalami proses kerusakan yang menuju pada kehancuran.
Dari semua hal tersebut, sudah sepantasnya kita menjaga alam yang merupakan titipan Allah SWT ini dengan cara mencegah dan berupaya mengurangi faktor pemanasan global. Dan kami berharap dengan adanya buku karya tulis ini, kita dapat mengenal lebih luas tentang pemanasan global.
Terakhir, kemi penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu tersusunnya karya tulis ini. Sehingga dapat menambah wawasan yang jauh lebih luas tentang dampak pemanasan global dan dapat bermanfaat bagi  siapa saja yang membacanya.





Watampone, 16 Maret 2017
         
  Penulis



PEMANASAN GLOBAL


A.  Pengertian Pemanasan Global
Pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya rata-rata suhu dipermukaan bumi, baik di darat, udara, maupun laut.

B.  Penyebab Pemanasan Global
Penyebab Pemanasan Global adalah sebagai berikut... 
1.         Efek Rumah Kaca
Related image
Efek rumah kaca adalah proses atmosfer menghangatkan planet. efek rumah kaca terjadi akibat panas yang dipantulkan ke permukaan bumi terperangkap oleh gas-gas di atmosfer, sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dipantulkan kembali ke permukaan Bumi.
2.         Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol
Image result for Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol
CFC atau Cloro Flour Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan untuk memproduksi peralatan, terkhusus pada peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada kulkas dan AC. 
3.         Polusi Kendaraan berbahan bakar bensin
Image result for Polusi Kendaraan berbahan bakar bensin
Kendaraan memberikan penyebab terbesar dalam terjadi pemanasan global. Polusi yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar bensin seperti motor, mobil dan kendaraan lainnya dimana dari hasil pembuangannya menghasilkan gas karbon dioksida yang berlebihan.

4.         Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan
Image result for Polusi Metana pertanian
Gas metana menempati urutan kedua sebagai penyebab utama terjadinya pemanasan global. Gas metana dapat berasal dari bahan-bahan organik yang kekurangan oksigen dari hasil pemecahan bakteri seperti di persawahan, sedangkan pada peternakan, seperti usus hewan ternak, meningkatnya produksi hewan ternak maka meningkatnya pula gas metana yang dilepaskan ke permukaan bumi. 
5.         Pengrusakan Hutan
http://www.rakyatsulsel.com/folder-konten/themes/rakyatsulsel2015/tum.php?src=http://www.rakyatsulsel.com/folder-konten/uploads/2014/10/hutan.jpg&w=668&h=439
Hutan berfungsi dalam menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen, jika hutan rusak akibat dari penebangan dan pembakaran, maka yang terjadi adalah jumlah karbon dioksida yang diserap oleh hutan sedikit, dan semakin banyak karbon yang berkumpul di atmosfer yang menyebabkan terjadinya pemanasan global. 

6.         Pemboroson Energi Listrik
Image result for Pemborosan Energi Listrik
Energi listrik sebagian besar kita gunakan adalah hasil pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, dimana hasil pembakaran tersebut menghasilkan karbon dioksida 
7.         Populasi Kendaraan yang Terus Meningkat
Related image
Meningkatnya jumlah kendaraan maka karbon dioksida pun yang dihasilkan dari kendaraan tersebut akan bertambah banyak dan tentu saja menimbulkan pemanasan global. 

8.         Pembakaran Sampah Secara Berlebihan
Image result for Pembakaran Sampah Secara Berlebihan
Pembakaran sampah berlebihan yang dilakukan secara massal akan menyebabkan terjadinya pemanasan global karena dari hasil pembakaran sampah tersebut adalah gas metana, yang dapat memerangkap panas. 
C.  Dampak Pemanasan Global  
Pemanasan global mempunyai dampak/ akibat yang sangat luas yang tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan di bumi, terutama kehidupan manusia. Dampak pemanasan global adalah sebagai berikut.:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg03eRwhorZkxYwdywRbUVfFKPxnSy_pPU5oHK24JAod3JEYSUbGR-Y4Z5Gt5FxotacZ3Q2SSXohCTw6Z8BBWjgF23RcmuoREyKk4kED9TsKneFgQnL6tOT5mWjt9TdXcnQWhm3K-gm4XM/s1600/Gambar+Global+Warming+1.jpg
Gambar diatas adalah suatu kebenaraan dan tidak dibuat-buat (bukan rekayasa), itu adalah gambar salju yang mencair di Antartica (Kutub Selatan). Memanasnya suhu dipermukaan bumi dikarenakan global warming salah satunya menyebabkan salju abadi yang ada di 2 kutub (Kutub Utara dan Selatan) mencair.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxLh2Zw4117DGJ8XCXYbjgguFVx5QZ0WqbPolA1_J-1KR_J7U6hASC6KoXL0_VF6SShAmqIY9TDPe6DeKbILHDgkCejzvaEsfCj8RpsE_sxP-3MQZlwawZdZI2uSKlGi45z8dotijttVw/s1600/Gambar+Global+Warming+2.jpg
Gambar diatas diambil oleh seseorang didaerah Prince William Sound, Alaska, Amerika Serikat. Pada gambar tersebut kita bisa melihat bongkahan salju yang mencair dan jatuh, hal tersebut merupakan imbas dari pemanasan global saat ini. Perlu anda ketahui bahwa global warming menghancurkan banyak glacier diwilayah Alaska.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEin0ttszaCgL5iOR4BGdhXDHWHpmnMS_M1KZ50OcHlV_LVx8F7DAGR7c_EKbCk_U6vwC38s1bRrY4ED1roYBZLCA5AOTn6jG7t0mIxbyQFs6n5gt_qcH4mGtCPxVGYfKUgV3RDKRbqfqYc/s1600/Gambar+Global+Warming+4.jpg
Gambar tersebut menunjukan seekor beruang kutub yang sedang berjalan diatas salju. Global warming menyebabkan mahluk hidup terancam punah, bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa 50-100 tahun mendatang satu juta spesies mahluk hidup akan punah karena pemanasan global. Untuk itu, mari kita bersama mengantisipasi global warming.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_dfUINigK7jLTm918ATTQM-6dseHF-9itTHEGyQp9pRSXHpqx_geuF7Vz5XOC4PpORAb7yqwN1XOjzo_QSGEQrvp5U47DUDCCezOHCdjxfy6oDV5Yyt3W4n5Y-de-xi1e3-OljMne1Vs/s1600/Gambar+Global+Warming+5.jpg
Gambar diatas menunjukan proses terjadinya efek rumah kaca yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global. Intinya adalah sinar matahari yang memantul dari permukaan bumi terperangkap di atmosfer karena menumpuknya gas efek rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, sulfur dioksida, dan uap air.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDlrfzzwIc9zuJf-IIg7OVpPT17N01_xFRFRD9y6ojNS2KOXpzxGttkCVmqE2gXHt3XIPBwJrw-bmcuzVCsgybpSD1hdfYtAF1ahGkRiYJHqk8fNcXMQcUOqWR_1cRfnFd6E9eFyOw-yA/s1600/Gambar+Global+Warming+6.jpg
Gambar diatas adalah mind map (peta pemikiran) bagaimanca caranya kita untuk berbuat sesuatu guna setidaknya meminimalisir efek global warming yang ada pada saat ini. Gambar ini sangat edukatif sekali dan bisa dijadikan suatu media untuk mengkampanyekan aksi menyelesaikan permasalahan pemanasan global ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifl3ud2acWIVwafVXio8f-T1psV5osXQPYoRA0fvv3v9XfecL7GDl7_jbqgtX1u5y2BqZIXdWrIN3H7wGrgWmgK5yK2uQQHV91RzWOhmR_JN7yEOs3I9G77Tq0CsP9ufoDznasLov0Dk0/s1600/Gambar+Global+Warming+7.jpg
Pemanasan global telah mengancam populasi umat manusia, seperti ilustrasi yang digambarkan diatas. Gambar ilustrasi tersebut memperlihatkan kepada kita bagaimana salah satu kota besar di Amerika Serikat terendam air. Meskipun ilustrasi, ini mungkin saja bisa terjadi karena saat ini permukaan air laut semakin meninggi setiap tahunnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi04XrbZK9g9bgllrzIyBesrlybWLF_g8D1iaUAPWywmk6x7MpqOPM6udnqgTQitrDl5A-kV3rknXHGhU0czvduGFKieCWG0gpHL55miX6nITMFjdWUn69T-V_vMd8hkXKAZjgLKxJRVBc/s1600/Gambar+Global+Warming+8.jpg
Gambar diatas adalah sebuah artikel mengenai sumber pemanasan global di Indonesia. Dan ternyata Indonesia juga menjadi salah satu negara kontributor terjadinya pemanasan global karena kerusakan dan penggundulan hutan, eksplorasi sumber daya alam, dan juga emisi gas karbon dioksida dari industri dan kendaraan bermotor.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhh1smGmFcbTzttey9aKEnYYUQwoQ83JMkgNxfH66PX8aqIOAhhiTf3FssC_qWAwADfikh5tJmWeH3Y8BoMsVt8tIgxmfpPBswm1W4Z9CyLQMyNeIaY9Jtp1cxFuVgUPKChwMdkz9lp-ug/s1600/Gambar+Global+Warming+9.jpg
Gambar diatas adalah sebuah poster aksi melawan pemanasan global, dengan tulisan "It is burning, do you realize?". Maksudnya adalah bumi ini sedang terbakar, apakah anda menyadarinya? Poster ini diharapkan bisa membangunkan kedasaran manusia agar segera melakukan tindakan mengatasi pemanasan global yang terjadi.
D.  Upaya Penanggulangan Pemanasan Global
Upaya menanggulangi Pemanasan Global ini bisa dimulai dari diri sendiri dan ruang publik kehidupan serta lingkungan di sekitar kita. Upaya menanggulangi pemanasan global yang dapat kita lakukan tersebut antara lain:
1.        Melakukan penghematan listrik
Image result for Melakukan penghematan listrik
Dengan berhemat listrik, secara tidak langsung kita telah mengurangi kadar CO2 pada lapisan atmosfer karena sebagian besar gas CO2 ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil.
2.        Menanam pohon atau reboisasi
 Cara Mengatasi Pemanasan Global
Menanam pohon atau reboisasi merupakan langkah untuk menyeimbangkan kadar gas CO2 di lapisan atmosfer. Karena pohon akan menyerap gas CO2 untuk melakukan proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Dan hal ini akan membuat udara pada lapisan atmosfer lebih sejuk dan pemanasan global sedikit teratasi
3.        Tidak menebang pohon di hutan sembarangan
Image result for dilarang menebang pohon di hutan sembarangan
Seperti disebutkan sebelumnya, pohon merupakan tumbuhan yang menyerap gas CO2. Jadi, jika kita menebangnya, apalagi menebang dalam jumlah yang sangat banyak, akan menimbulkan bahaya jika hutan di bumi terus dieksploitasi secara berlebihan.

4.        Menggunakan Energi Alternatif
Image result for Pembangkit listrik tenaga air
Kita dapat menggunakan energi alternatif guna meminimalisir hal – hal yang dapat menjadi penyebab pemanasan global. Misalnya mengganti pemakaian pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil dengan energi yang dikeluarkan oleh sinar matahari, panas bumi, angin atau air.


2 comments:

  1. ♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : Legendaqq
    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    ReplyDelete
  2. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    ReplyDelete

MAKALAHKU

MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN

Tugas Individu MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN Oleh ASRIANI 213095 2006 SEKOLAH TINGGI ILMU P...