Saturday 23 December 2017

KLIPPING TUMBUHAN BERUMAH 1 DAN 2

KLIPPING IPA
TUMBUHAN BERUMAH 1  DAN
TUMBUHAN BERUMAH 2

D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
Nama : A. Nasywa Naysiilah
Kelas : VII F




MTSN 1 WATAMOPNE
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A.  Tumbuhan berumah satu adalah tumbuhan yang memiliki alat kelamin jantan dan betina dalam satu tumbuhan. baik pada satu bunga ataupun pada bunga yang berbeda. Contoh:

1.      Jagung (Zea mays L.),

http://latip.sdmuhcc.net/wp-content/uploads/2012/04/Jagung-dan-salak-300x173.jpg

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

2.      Mentimun (Cucumis sativus L.),

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6YJunOyh9Vwd5OdgScVyRr18d7r6lvXRY38Pf6XQreZEA0fZNV23t1ZeGhxmT5J0w6P25jNLX3mtesPKZzkTHMbn50aNOTSfpzUltbBM7T2JLHKYmOKg0uaV1nuoLMrOoG9EL2T6DSP2h/s1600/Cucumis+satuvis.1.jpg

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo.

3.      Jarak (Ricinus communis L.).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgw4XJWNHkJhexG0Vbb4yBnXg-riVm_9EXLZrzc2MKwwRE_f09hRyNBCgzlYbEb8lD9PHIg9RnFbOD16aHG0I9I8gzrRN2a5-tqZjK79eVo1eZvKmLVU7d3hK1ef3M5cqfiiaPB-xvctAd/s1600/Ricinus+communis+L..jpg

Jarak (Ricinus communis) adalah tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Jarak memiliki batang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Warna tumbuhan hijau bersemburat merah, sedangkan daunnya tumbuh berseling berbentuk bulat dan ujungnya sedikit runcing.

4.         Mangga (Mangifera indica)

Berkas:Mango flower.jpg


Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Berumah satu (monoecious), bunga mangga merupakan bunga majemuk yang berkarang dalam malai bercabang banyak di ujung ranting. Karangan bunga biasanya berbulu, tetapi sebagian ada juga yang gundul, kuning kehijauan, sampai 40 cm panjangnya.


5.      Bunga pacar (Impatiens balsamina L.)

Berkas:Impatiens balsamina0.jpg

Pacar air (bahasa Latin: Impatiens balsamina L.) adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun telah diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal namun tidak mengayu dan daunnya yang bergerigi tepinya.

6.      Semangka(Citrullus lanatus)

https://lh5.googleusercontent.com/-fOyIU1eicrc/U5cBoOtRtsI/AAAAAAAAGtQ/u6Tv41QVa8I/w776-h582-no/IMG_6453.JPG

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

7.      Waluh (Cucurbita)

Gambar terkait

Waluh (Cucurbita) mencakup sekelompok tumbuhan merambat anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae) penghasil buah konsumsi berukuran besar bernama sama. Tumbuhan ini berasal dari benua Amerika, tetapi sekarang menyebar di banyak tempat yang memiliki iklim hangat.Waluh dibedakan dari labu lainnya karena buahnya dimakan yang telah masak (biasanya berwarna jingga), berukuran relatif besar, berbentuk bulat sampai bulat telur dengan lekukan daun buah yang tampak jelas, dan berkulit keras.

8.      Anggur  (Vitis vinivera)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbDhIcrplFGbF4C_8YWm3ai6qwgymocYXm-xX5yOczP9fvDt8SwZPtdHu9IZRTeyRe6iP887zhcGtzEzWKzFqW4rCvQ0enGPzo-ZXeEtxnq5s2ZVhGf-9HSeoZyLGrned1F7yxeqweveo/s1600/anggur-malaysia.JPG


Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Jenis buah anggur adalah peredu dan bentuk buah yang bulat serta warna yang beraneka ragam seperti anggur merah, anggur hijau dan masih banyak jenis anggur yang berparian.
9.      Durian

https://jualbibitduriandimedan.files.wordpress.com/2014/08/bunga-buah-durian.jpg?w=300 https://i.ytimg.com/vi/ttZ1XCoNTbg/maxresdefault.jpg

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

10.  Rambutan

Berkas:Bg rambutan lanang.jpg Berkas:Rambutan.jpg

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Bunga majemuk, tersusun dalam karangan, dengan ukuran satuan bunga berdiameter 5 mm atau bahkan lebih kecil. Bunga jantan tidak menghasilkan putik. Tumbuhan banci yang baru berbunga biasanya menghasilkan bunga jantan, baru kemudian diikuti dengan bunga dengan alat betina (putik).

B.  Tumbuhan berumah dua adalah tumbuhan yang memiliki alat kelamin jantan dan betina dalam tumbuhan yang berbeda. Contoh tumbuhan berumah dua adalah:

1.      Salak (Zalacca edulis Reinw.).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk7kjtYT2KLee-xI4-lOFPfKHzFmvVn7vYtkwPAgZAkuxalTLaLtze2YPrGqoB73eD_6eRAHPRDz6YDKFk6osFFfuwWYZKfE3s1LNhLWIfJfH0pwVJFs2t2eCtGAcnbVt5eh_B374pfvWU/s1600/Zalacca+edulis+Reinw..JPG
Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (Min., Mak., Bug., dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.
2.      Pepaya, (Carica papaya L.),
https://atikofianti.files.wordpress.com/2011/03/pepaya2.jpg

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis".
3.      Bayam, (Amaranthus spp.)

http://bibitbunga.com/wp-content/uploads/2016/09/tanaman-bayam.jpg
Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.
4.      Asparagus, (Asparagus officinalis)

https://s3.bukalapak.com/img/8959794901/m-1000-1000/Green_Asparagus_Hijau_Tanaman_sayur_herbal___Benih___Bibit__.jpg
Asparagus, dalam pengertian umum, adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya.

5.      Bunga sepatu, (Hibiscus rosa-sinensis L.)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeYMMbHhYfTG85wLclK3CUoCo2QQd-k1QMLssMaQOZuqlfnbU_spXZJZKNGPc8AbGRCQdtC1VomHdNPWFqGRqWgGrQk54K9h_Gm7SKSaPrvQk-gNbt3qqarXyK-FFdInWi3ZRp_KD6rA/s1600/Menghitamkan+Rambut+Beruban.jpg
Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.
6.      Bunga cabe, (Capsicum annum L)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEga2k-rAlBmnLkKjwFDdbmAn5dg8ZGM4CZ40Dh4597XLVAfMpr2T9fUK0PvN2ai7VQIA8x7L9f2OJ78fO_P2_rD-oUFU5UMIaaRk3BPMZVAsVWFRB-Yxk-R2QOsVUYBxGUcGLnqGxDBkWg/w1200-h630-p-k-no-nu/bunga+cabe.jpg

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi [2] dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker.

7.      Bunga jeruk, (Citrus)

http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2015/09/Bunga-jeruk-purut.jpg

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

8.      Melinjo, (Gnetum gnemon Linn.)

http://www.satuharapan.com/uploads/pics/news_65572_1475646311.jpg
Melinjo merupakan tumbuhan tahunan berbiji terbuka, berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious, ada individu jantan dan betina). Bijinya tidak terbungkus daging tetapi terbungkus kulit luar. Batangnya kokoh dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Daunnya tunggal berbentuk oval dengan ujung tumpul. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan berbunga. Yang dianggap sebagai buah sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh selapis aril yang berdaging

9.      Pakis haji, (Cycas)
http://www.natureloveyou.sg/Cycas%20rumphii/DSC04704%20(08).JPG
Pakis haji (aji) atau populer juga dengan nama sikas adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbuka yang tergabung dalam marga pakishaji atau Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku pakishaji-pakishajian (Cycadaceae). Pakis haji berhabitus mirip palem, namun sebenarnya sangat jauh kekerabatannya. Kemiripan ini berasal dari susunan anak daunnya yang tersusun berpasangan. Semua pakis haji berumah dua (dioecious) sehingga terdapat tumbuhan jantan dan betina. Serbuk sari dihasilkan oleh tumbuhan jantan dari runjung besar yang tumbuh dari ujung batang.
10.  Pohon pinus
Pinus, Pohon, Biji, Kerucut, Daun

Tusam atau pinus adalah sebutan bagi sekelompok tumbuhan yang semuanya tergabung dalam marga Pinus. Di Indonesia penyebutan tusam atau pinus biasanya ditujukan pada tusam Sumatera (Pinus merkusii Jungh. et deVries). Tusam kebanyakan bersifat berumah satu (monoecious), yaitu dalam satu tumbuhan terdapat organ jantan dan betina namun terpisah, meskipun beberapa spesies bersifat setengah berumah dua (sub-dioecious).

No comments:

Post a Comment

MAKALAHKU

MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN

Tugas Individu MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN Oleh ASRIANI 213095 2006 SEKOLAH TINGGI ILMU P...