Sunday 24 December 2017

MAKALAH BAGAIMANA KOMPUTER DALAM MEMPENGARUHI AKTIVITAS

MAKALAH
BAGAIMANA KOMPUTER DALAM MEMPENGARUHI AKTIVITAS







Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok Pada
Mata Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Tarbiyah Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama
 Islam Negeri (STAIN) Watampone



Disusun Oleh :
UMI HANI




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau  manusia  sudah  menggunakan  teknologi.  Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya.  Perkembangan  teknologi  terjadi  karena  seseorang menggunakan  akalnya  dan  akalnya  untuk  menyelesaikan  setiap masalah yang dihadapinya.
Pada  satu  sisi,  perkembangan  dunia  IPTEK  yang  demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relative sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, demikian juga  ditemukannya  formulasi-formulasi  baru  kapasitas  komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.
Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui  dan  dirasakan  memberikan  banyak  kemudahan  dan kenyamanan  bagi  kehidupan  umat  manusia.  Sumbangan  IPTEK terhadap  peradaban  dan  kesejahteraan  manusia  tidaklah  dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam  dan  kehidupan,  tidak  berarti  teknologi  sinonim  dengan kebenaran. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsure keadilan. Tentu saja IPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena IPTEK tidak pernah  bisa  menjadi  standar  kebenaran  ataupun  solusi  dari masalah-masalah manusia.



B.       Rumusan Masalah
Berpijak dari latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penulisan makalah ini adalah :
1.         Apakah  dampak  dari  teknologi  computer  terhadap  kehidupan manusia?
2.         Seberapa besar dampak yang dapat ditimbulkan dari pesatnya kemajuan    teknologi komputer?

C.      Tujuan Penulisan
1.         Mendapatkan nilai dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
2.         Untuk mengetahui dampak yang terjadi bila kemajuan teknologi  semakin  pesat.
3.         Untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam hal menggunakan teknologi   computer  secara sehat.

                                                                     



BAB II
LANDASAN TEORI
1. Pengertian
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada Teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos”  atau  pengetahuan.  Jadi  secara  harfiah  teknologi  dapat diartikan  pengetahuan  tentang  cara.  Pengertian  teknologi  sendiri menurutnya  adalah  cara  melakukan  sesuatu  untuk  memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan  memperpanjang,  memperkuat  atau  membuat  lebih  ampuh anggota tubuh, pancaindera dan otak manusia. Sedangkan menurut Jaques Ellul  (1967:  1967  xxv) memberi arti teknologi  sebagai”  keseluruhan  metode  yang  secara  rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”Pengertian teknologi secara umum adalah:
1. Sebuah proses yang meningkatkan nilai tambah
2. Sebuah produk  yang  digunakan  dan  dihasilkan  untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
3. Sebuah struktur  atau  sistem  di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan.
Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu Jadi dampak teknologi Komputer adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu  teknologi,  bisa  akibat  baik  bisa  juga  akibat  buruk  dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi computer adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi  komputer  akan  berjalan  sesuai  dengan  kemajuan  ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa  oleh  inovasi-inovasi  yang  telah  dihasilkan  dalam  dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada Proposal ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi komputer dalam kehidupan manusia.



2. Hipotesis
Adapun hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut :
1) Kemajuan teknologi computer akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
2) Di masa depan, dampak perkembangan teknologi computer di dunia akan semakin penting.
3) Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Karena kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
BAB III
PEMBAHASAN
A.    Penjelasan Dampak Negatif dari Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan  dunia  IPTEK  yang  demikian  pesatnya  telah membawa  manfaat  luar  biasa  bagi  kemajuan  peradaban  umat manusia.  Jenis-jenis  pekerjaan  yang  sebelumnya  menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat  mesin-mesin  otomatis.  Sistem  kerja  robotis  telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Bagi masyarakat sekarang, IPTEK sudah merupakan suatu religion. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada.Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akanmembebaskan  mereka  dari  kungkungan  kefanaan  dunia.  IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan mortalitas. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun IPTEK mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti IPTEK sinonim dengan kebenaran. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja IPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu IPTEK tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi computer dilihat dari berbagai bidang :
1.      Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:
a. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
b. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah dan lain-lain.
Disamping  keuntungan-keuntungan  yang  kita  peroleh  ternyata kemajuan kemajuan teknologi computer tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet
    yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
c. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat
    memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh
    layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d. Kecemasan teknologi Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file  penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.
2.  Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi computer berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan   meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi komputer di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul  teknologi  bisnis  yang  memungkinkan  konsumen  secara individual  melakukan  kontak  langsung  dengan  pabrik  sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan  teknologi  dan  ekonomi,  akan  berdampak  pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami  perubahan  yang  cepat.  Akibatnya,  pendidikan  yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan  skill  sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain:
1) Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
2) Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi  akan  juga  melahirkan  generasi  yang  secara  moral mengalami kemerosotan:konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.
3. Bidang Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat :
1.  Perbedaan  kepribadian  pria  dan  wanita.  Banyak  pakar  yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
 2. Meningkatnya rasa percaya diri.Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3. Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan  pekerja  keras  Meskipun  demikian  kemajuan  teknologi  akan berpengaruh negatip pada aspek budaya.
1) Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang    terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2) Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat  semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatankekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3) Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada  kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah  merubah  pola  interaksi  keluarga.  Komputer  yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyikdengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
4. Bidang Pendidikan Teknologi informasi mempunyai peran yang sangat penting dalam
bidang pendidikan antara lain:
1. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu    dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2.  Munculnya  metode-metode  pembelajaran  yang  baru,  yang memudahkan  siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan  teknologi   terciptalah  metode-metode  baru  yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena  materi  tersebut dengan bantuan teknologi  bisa  dibuat abstrak.
3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.Dengan  kemajuan  teknologi  proses  pembelajaran  tidak  harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tesRaven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi  mempunyai  moral  yang  rendah.  Contonya  dengan  ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
5. Bidang politik
1.  Timbulnya  kelas  menengah  baru  Pertumbuhan  teknologi  dan ekonomi  di  kawasan  ini  akan  mendorong  munculnya  kelas menengah  baru.  Kemampuan,  keterampilan  serta  gaya  hidupmereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan  menjadi  pelopor  untuk  menuntut  kebebasan  politik  dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
2. Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi  kepemimpinan  ini  akan  berdampak  dalam  gaya  dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
3. Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya  regionalisme.  Kemajuan  di  bidang  teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan  kemajuan  di  bidang  teknologi  transportasi  telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan  terwujud  dalam  bidang  kerjasama  ekonomi,  sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.
B.     Solusi
Pencegahan Dampak Negatif TIK
1.    Mencegah penyebaran virus komputer
·      Menginstal anti virus
·      Selalu meng-Update database Program anti virus secara teratur
·      Berhati-hati dalam menjalankan file baru seperti file yang baru diambil dari internet atau file attachment sebuah email
·      Kenali gejala-gejala masuknya virus seperti komputer jadi lambat, sering crash, dan tiba-tiba restart sendiri
·      Selalu membuat backup terhadap file-file yang penting agar saat komputer terserang virus, maka kita masih punya data yang aslinya
2.  Secara umum dampak negatif TIK dapat dicegah dengan cara sebagai berikut.
·      Perlunya penegakkan hukum yang berlaku dengan dibentuknya polisi internet yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dan penerapan teknologi informasi.
·      Menghindari pemakaian telepon seluler yang berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi penggunaan telepon seluler.
·      Perbanyak membaca buku-buku yang bersifat edukatif.
·      Perbanyak membaca buku-buku yang menambah keimanan (religi).
·      Perbanyak aplikasi komputer yang bersifat mendidik.
·      Harus bisa mengatur waktu antara berada di depan komputer/internet atau bermain games dengan porsi  belajar dan istirahat.
·      Gunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin.
·      Perlunya kewaspadaan terhadap tayangan televisi yaitu dengan:
Ø  Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan yang mengandung
mistis dan kekerasan.
Ø  Memperhatikan batasan umur peninton pada film yang sedang ditayangkan.
Ø  Mengaktifkan penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan Satelit.
Ø  Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
Ø  Perlunya kewaspadaan terhadap penggunaan komputer dan internet, meliputi:
Ø  Mewaspadai muatan pornografi digital baik online maupun offline.
Ø  Mewaspadai kekerasan pada permainan / games komputer.
Ø  Cek history browser untuk melihat situs apa saja yang sudah dilihat oleh anak.
Ø  Menggunakan program pemblokir situs dan konten dewasa seperti Program filtering dan parental control.
Ø  Hindari penempatan komputer didalam kamar, letakkan komputer pada daerah yang mudah diawasi.
Ø  Hindari fasilitas internet jika komputer harus terpaksa diletakkan di kamar anak.




BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kemajuan teknologi computer adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi computer akan  berjalan  sesuai  dengan  kemajuan  ilmu  pengetahuan. Perkembangan teknologi computer memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa olehinovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia  tidak  bisa  menipu  diri  sendiri  akan  kenyataan  bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan  atau  melalui  suatu  konvensi  internasional  yang  harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
B.     Saran
Di zaman yang berkembang pesat dengan teknologi-teknologi canggih seperti saat ini, kita harus pandai memanfaatkannya. Memang benar teknologi-teknologi saat sekarang ini sangat mempengaruhi kehidupan kita, tapi jangan sampai kita dipengaruhinya untuk hal-hal negatif, gunakanlah teknologi itu untuk hal-hal yang bermanfaat dan hal-hal yang positif. Dan perlu adanya ketegasan dari pemerintah dalam menangani penyimpangan-penyimpangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi ini.




  1. 1. Kesimpulan
  2. Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
  3. 2. Saran
  4. Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi

A.         Saran

B.     Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.


  1. 1. Kesimpulan
  2. Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
  3. 2. Saran
  4. Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi

B.         Saran


B.     Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.







DAFTAR PUSTAKA

Setiawan, Wawan. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: UPI Press
Materi kuliah Konsep Teknologi oleh Bpk. Munir, Dr. MIT.
1.         Jack Febrian, Kamus Komputer & Teknologi Informasi, cetakan pertama,  Informatika, Bandung, 2007
2.        Rahmat Rafiudin, IPv6 Addressing, cetakan pertama, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005.
3.         Winarno Sugeng , Jaringan Komputer dengan TCP/IP, cetakan pertama, Informatika, Bandung, 2006.
4.         Tanenbaum, Andrew.S. Jaringan Komputer. Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta.2007








  

No comments:

Post a Comment

MAKALAHKU

MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN

Tugas Individu MAKALAH TATANIAGA HASIL PERIKANAN Oleh ASRIANI 213095 2006 SEKOLAH TINGGI ILMU P...